Thursday, September 1, 2011

20 Keunggulan Android OS



1. Open source os
android adalah sistem operasi terbuka (open source) yang memungkinkan para pengembang aplikasi mobile phone untuk membuat aplikasi yang berbasis platform android secara bebas untuk didistribusikan dengan lisensi open source, freeware , maupun shareware tanpa harus tersandung prosedur dan aturan sistem proprietary milik sebuah produsen system operasi yang berbayar (paid os).

2. Flexible os – more customizations
dengan lisensi open source, android tidak hanya membuat kebebasan kepada para pengembang aplikasi saja untuk merancang dan mengembangkan berbagai program untuk android, namun android end-user (pengguna/konsumen) juga diberi kebebasan untuk mengoprek/mengkustomisasi program os di dalam smartphone androidnya untuk tujuan tertentu tanpa melanggar sistem propietary siapapun.

3. Cheaper (lower price) gadget
karena lisensi android open source, logikanya, sudah seharusnya, dan idealnya gadget (smartphone/tablet pc) dengan sistem android berharga lebih murah dari smartphone dengan paid os lainnya.

4. Secured open market
android market place memang masih jauh berada di bawah apple store dari sisi kuantitas konten/produk yang disediakan (-/+ apple store:180.000-an vs android market place:50.000-an), namun, tidak seperti apple store, dengan sistem open market, jumlah konten pada android market place sangat berpotensi segera mampu menyaingi bahkan menyalip jumlah konten pada apple store. Efek positifnya: Tentu sangat menggembirakan bagi para pemakai android os. Kenyamanan online installation di android market place ditunjang dengan adanya jaminan keamanan bagi pemilik account saat melakukan login, online installation ataupun saat melakukan transaksi, dimana android market place telah mendukung jalur layanan yang aman namun tetap nyaman, yakni melalui ssl (secure socket layer). 

5. Easier program installation
instalasi aplikasi secara online di android market place atau di beberapa situs terpercaya yang menyediakan konten aplikasi android dan games android maupun instalasi aplikasi secara offline bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan oleh user. Anda bisa menggunakan teknik sinkronisasi smartphone ataupun teknik verifikasi dengan qr code scanner bila akan melakukan instalasi secara online. Anda juga bisa mendownload file eksekusinya (ekstensi: .apk) bila akan melakukan instalasi secara offline. Bila di dalam smartphone android anda belum terinstall qr code scanner, anda bisa mendownload program barcode scanner di android market place. Tentu anda harus login dengan google account anda terlebih dahulu bila anda bermaksud untuk melakukan instalasi melalui android market place.

6. Multitasking
android menjadi pelopor multitasking (menjalankan beragam aplikasi berbeda dalam waktu yang bersamaan) dalam smartphone. Anda bisa membuat dokumen word untuk menyalin sebagian konten kiriman email teman anda yang sedang anda cek/buka sambil mendengarkan musik mp3 di backgroundnya dan menunggu balasan chat dari teman facebook anda. 

7. Flexible ui
android memungkinkan user untuk melakukan drag & drop elemen shortcuts/links/widgets dari/ke home screen untuk tujuan penambahan/pengurangan (penghapusan) shortcuts/links/widgets. Halaman home screen pun bisa ditambah (sampai batas maximum tertentu) ataupun dikurangi sesuai keinginan user. Bila dibandingkan, symbian ataupun blackberry tidak memberikan fitur drag & drop tersebut.

8. Neat interface
android dirancang dengan nuansa kerapian dan keindahan tersendiri walau beum seindah iosnya apple (harap maklum karena apple didirikan oleh para seniman grafis dunia). Home screen dan ikon-ikonnya tampak cukup sedap dipandang mata dan tidak membosankan bagi pemilik gadgetnya.

9. Upgradable os
pengembang android telah membuat rancangan sistem operasinya yang pada dasarnya bisa diupgrade ke versi android yang lebih baru dengan syarat kompatibilitas perangkat hard ware pada smartphone/tablet pc android yang akan diupgrade sistem operasinya.

10. More compatible applications
dengan makin banyaknya para pengembang aplikasi android dan makin berkembangnya komunitas para pengembang aplikasi untuk android tentu saja akan memperbanyak ragam aplikasi untuk android yang logikanya, dan sesuai harapan end-user (pengguna/konsumen), pilihan aplikasi akan makin banyak dan lebih beragam baik dari sisi jenis program maupun kompatibilitasnya bila dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi untuk platform paid os. 

11. Better notifications system
bila dibandingkan dengan ios, webos, symbian, bada, maemo, ataupun blackberry, android memiliki sistem notifikasi untuk bermacam event dan aktifitas yang lebih baik. Android memungkinkan beragam notifikasi bisa dimunculkan secara otomatis, bahkan dimungkinkan new event/message live preview, tanpa merepotkan user untuk melakukan manual check. Saat ini os lain belum ada yang bisa menandingi beragam keunggulan dari sistem notifikasi android. Ios pada iphone yang begitu indah sayang sekali masih memiliki kendala dengan pop-up notificationnya, jadi user harus secara manual membuka aplikasi untuk mengetahui apakah ada pesan atau tidak.

12. Integrated voip
pada android versi 2.3 (gingerbread) telah ditanamkan fitur canggih baru yaitu voice over internet protocol (voip) tanpa diperlukan aplikasi pihak ke-3 (third party application).

13. Wider, more comfortable, and more flexible network range
salah satu keunggulan android adalah memiliki jangkauan jaringan yang lebih luas, dirasa lebih nyaman, dan lebih fleksibel dalam hal kustomisasi.

14. Free and flexible optional carrier
android memungkinkan user untuk memilih sembarang cellular mobile operator yang dikehendakinya, sehingga tidak memerlukan program unlocker seperti pada iphone.

15. Faster settings
bila dibandingkan dengan iphone, blackberry, ataupun windows mobile, android lebih memudahkan user untuk melakukan proses pengaturan dengan lebih praktis, cepat, dan tidak merumitkan.

16. Better system management
tidak diragukan lagi bahwa linux kernel merupakan salah satu system core yang terbaik di dunia untuk dijadikan tumpuan dalam urusan manajemen berbagai tugas dan layanan dalam sub-routines di dalam sebuah sistem operasi. Kolaborasi antar pengembang yang kontinyu akan terus mampu mengembangkannya menjadi basis sistem operasi yang terbaik di dunia.

17. Free custom rom
proses jailbreak pada iphone dipastikan sebagai tindakan illegal akan menghilangkan garansi bahkan bisa merusakkan perangkat kerasnya bila tidak dilakukan dengan benar. Bahkan kabarnya apple telah menngembangkan aplikasi bawaan iphone yang otomatis akan merusakkan iphone secara permanen bila terdeteksi telah terjadi jailbreak. Buat apa beli barang mahal bila hanya akan merusakkannya saja?

Komunitas android bahkan melegalkan rom customization untuk dilakukan pada sembarang perangkat android. Bahkan, kustomisasi tersebut ditujukan untuk tujuan positif, yakni untuk mengoptimalkan kinerja dan perfoma perangkat android yang bersangkutan dan kemungkinan juga bisa digunakan untuk keperluan troubleshooting.

18. User friendly
anda bisa mencoba dan merasakan bagaimana mudahnya kita mengoperasikan smartphone/tablet pc android. 

19. Guaranteed quality
sejak diperkenalkan pada tahun 2007 para pengamat dan peneliti mobile phone os, serta para pencoba android di dunia telah menyebutkan bahwa sistem operasi android adalah sistem operasi untuk mobile phone yang sangat bermutu; dan mereka telah memprediksi bahwa android akan menjadi salah satu produk sistem operasi untuk beragam mobile gadget yang sangat bisa diandalkan dan terus bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Saat ini android telah merebut hati pasar mobile phone dunia dengan menggeser dominasi symbian, dan telah menjadi penantang serius bagi ios dari apple yang sangat diperhitungkan.

20. Always connected with social networkers
dengan sistem otomatisasi, android sangat memudahkan para penggunanya untuk tetap selalu terhubung satu sama lainnya secara online dengan beragam pelayanannya. Tentu ini sangat menguntungkan bagi sebuah komunitas tertentu yang beranggotakan beberapa pemilik account di google dalam menunjang aktivitas kolaborasi antar mereka dalam kegiatan tertentu yang menggunakan fasilitas atau fitur layanan dari google ataupun jasa layanan dari situs lainnya.



1 comments:

idteknologi.com said...

android emang keren, desain tampilanya yang aku suka, oya fiturnya juga oke.. ^_^

Post a Comment

Jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes