Tuesday, May 10, 2011

Kelebihan & Kelemahan Android



Boomingnya sistem operasi Android mulai menjalar ke pasaran Indonesia. Di Indonesia cukup banyak handphone yang berbasis android mulai dari brand yang terkenal hingga brand lokal. Android digadang-gadang dapat mengalahkan Blackberry di pasaran Indonesia. Layak-kah Android mengganti posisi Blackberry di Indonesia ? Nih ada review mengenai Android ditinjau dari keunggulan dan kekurangannnya.


Pertama kita membicarakan yang baik dahulu

Keunggulan

1. Open Source
Android merupakan sistem operasi open source. Jadi para user dapat memodifikasi sistem dengan mudah karena android adalah sistem open source. Open Source menjadi daya tarik bagi para developer. Karena dengan adanya open source pembuatan aplikasi jadi lebih mudah.
2. Dukugan Penuh Google
Google telah mendukung penuh dengan aplikasi-aplikasi andalan google seperti Gmail, Google Earth, Google Voice dll. Jadi Android dapat berintregasi dengan aplikasi-aplikasi itu.
3. Banyak Aplikasi
Android telah menyediakan tempat khusus untuk mendownload aplikasi. Tempat itu adalah Android Market. Di dalam androit market terdapat jutaan aplikasi baik yang berbayar maupun yang gratis. Jadi para user dapat memilih dan mendownload aplikasi langsung.
4. Capacitive Touch Screen
Teknologi layar sentuh pada android menggunakan teknologi kapasitif. jadi user tidak memerlukan stylus untuk memerintahkan. Cukup dengan sentuhan jari saja. User juga dapat menggunakan dua jari atau lebih pada beberapa aplikasi yang mendukung.
5.Aman dari Virus
Android dapat dikatakan aman dari virus karena berbasis Linux (kernel 2.6). Tetapi aman dari virus disini bukan berarti tidak akan dapat terserang virus. Android bisa terkena virus namun kemungkinannya kecil.
6. Stabil
Android dikatakan stabil karena Android tidak mudah hang. Android tidak memerlukan waktu lama untuk loading setelah handphone dimatikan. jadi handphone langsung dapat digunakan setelah dinyalakan.

Kekurangan
Di dunia ini tiada yang sempurna kecuali Tuhan Yang Maha Esa. Jadi android juga memiliki kekurangan karena android bukanlah Tuhan. Kekurangan Android adalah :
1. Harus Terkoneksi Internet
Android harus terkoneksi ke internet untuk mendapatkan fasilitas yang maksimal. Jika android tidak terkoneksi dengan internet maka android tidak jauh beda dengan hanphone-handphone lainnya. Karena Android dapat berintegrasi langsung dengan internet seperti facebook,gmail, twitter dll.
2. Membingungkan
Bagi user newbie android dapat membuat user bingung. Karena android berbeda dengan sistem-sistem lainnya. Tetapi bagi kalangan yang advanced, android bisa berubah menjadi luar biasa.
3. Kurang nyaman untuk telepon
Karena android menggunakan capasitive touchscreen, android tidak dapat berinteraksi saat kita menggunakan sarung tangan. Jadi jika ada telefon mendadak saat user sedang mengemudi maka user harus mencopot sarung tanganya terlebih dahulu. Tidak hanya itu, saat user menelpon. User yang ceroboh kerap melakukan kesalahan karena menyentuh tombol Call End.
4. Boros daya
Android dapat dikatakan boros baterai jika user tidak pintar-pintar mengelolah daya.Kebanyakan user pemula belum bisa mengatur daya. Jadi kesan pertama yang muncul adalah android boros baterai.

Jadi, layakkah android mengalahkan Blackberry ? silahkan tinggalkan komentar

7 comments:

Faril said...

untuk masalah boros baterry.. bukannya BB jauh lebih boros dibanding anroid..
pernah android-ku tak adu sama BB temen, androidku sehari habis.. BB dia lebih cepet mati ketimbang hapeku..

saat baterei android udah tinggal 5% (ikon baterei udah kosong), hape masih bisa nyala dan sinyal masih kuat.
untuk BB yang masih skitar 15%(sisa satu strip), hp masih hidup, tapi nggak ada sinyal sama sekali (tulisannya SOS)..
jadi??

nublie said...

JAUH lebih unggul android dibandingkan blacberry tadinya gw pencinta dan maniak blackberry dari bb curve,gemini sampai bb torch pun saya punya ketika saya memegang google nexus punya temen saya langsung saya jatuh cinta dan tanpa pikir panjang BB saya jual dan ganti dengan handphone yang lebih smart android

Michael said...

menurut aku, cukup lah kelebihan nya utk menutup kekurangan nya :)

Anonymous said...

beneran asik pake android..saya saja langsung jatuh hati begitu liat punya temen ..sampe sekarang selalu pake android..the best lah..

bimo said...

os android emang top dehhhh

Christ D'Flash said...

BB mah lewat sama android,, skrg Android tndingannya iOS, android emg nomor 1 dah!

Anonymous said...

Android di tandingin ama BB? beehh mau jadi apa itu BB, satu-satu nya lawan yang setimpal buat Android ya iOS !!!

Post a Comment

Jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes