Monday, August 1, 2011

Apa Sih Root Itu ?

Bagi para newbie android mungkin bingung setelah mendengar kata-kata 'root'. Nah, dengan maksud inilah saya akan membahas mengenai 'root'. Root yang saya bahas ini adalah root untuk android, bukan untuk yang lain. Oke, langsung saja ke pokok pembahasan

Pengertian

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tak terbatas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem hape kita. Nge-root artinya nge-hack sistem Handphone supaya kita (user) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan.

Kelebihan Root :


1. Akses yang tak terbatas terhadap system Android
Setelah ponsel android anda sudah di-root, maka anda dapat memasuki sistem android. Sehingga anda dapat melakukan kustomisasi pada ponsel android anda. Jadi anda dapat akses untuk membuka sistem android

2. Instalasi aplikasi di SD Card
Untuk meng-install aplikasi di SD Card, user harus memiliki akses root terlebih dahulu.

3. Instalasi aplikasi yang membutuhkan akses root
Tidak semua aplikasi di Android Market dapat dinikmati secara cuma-cuma maksudnya ada beberapa aplikasi di Android Market yang mengharuskan kita untuk melakukan rooting terlebih dahulu.

4. Uninstall aplikasi bawaan vendor
Aplikasi bawaan vendor tidak dapat dihapus secara normal, harus menggunakan akses root terlebih dahulu untuk menghapusnya.

5. Backup App+System
Dengan akses root kita dapat mem-backup aplikasi dan sistem sesuka kita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

6. Dapat menginstall Custom ROM
Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Tetapi, setelah anda melakukan root terhadap android, bukan berarti bahwa anda dapat langsung menginstall Custom ROM. Terdapat cara-cara untuk menginstall Custom ROM. Setiap ponsel memiliki cara-cara yang berbeda untuk melakukan instalasi Custom ROM

7. Akses terhadap file-file system android
File-file yang berada di sistem android tidak akan  bisa diakses bila user tidak menggunakan akses root terlebih dahulu.

8. Overclock processor
Dengan menggunakan akses root kita dapat meningkatkan performa ponsel android dengan cara Overclock Processo. Dengan melakukan overclock, secara keseluruhan performa ponsel android akan meningkat tetapi daya baterai anda akan cepat terkuras.

Kekurangan Root :
1. Dapat menghilangkan garansi
Garansi akan hilang bila ponsel kita telah di root karena kita telah dianggap merubah sistem bawaan yang telah disediakan vendor. Jadi, kalau kita membawa ponsel android dalam keadaan root ke Sevice Center, tidak akan diterima. Kita harus melakukan proses Unroot terlebih dahulu untuk mendapatkan garansi kembali. Selain unroot, kita dapat mengklaim garansi dengan cara Factory Reset, jadi ponsel anda akan kembali ke settingan pabrikan.

2. Masalah Keamanan
Hal ini adalah hal yang memicu kontroversi. Dengan akses root, virus maupum malware akan dapat masuk ke sistem android untuk merusak maupun mencuri data pengguna. Tetapi, bila sang pembuat virus ini memang benar-benar berniat jahat, tanpa akses root pun virus akan dapat masuk ke sistem aplikasi secara mudah

3. Dapat Merusak Sistem
Dengan akses root, kita dapat mengedit apa yang ada di dalam sistem android, tetapi bila sembarangan meng-edit akan dapat membuat kerusakan sistem. Kerusakan sistem tersebut dapat berupa :
a. Tidak stabilnya performa ponsel
b. Tidak berfungsinya hardware secara maksimal (bila meng-edit/menghapus file sistem secara sembarangan)
c. Yang paling parah ponsel akan mengalami 'Brick'. Bila ponsel terkena brick, ponsel tidak akan dapat menyala

Kesimpulan
Root android secara garis besar memberikan efek yang positif yaitu mendapatkan akses ke sistem android, tetapi bila tidak digunakan secara hati-hati ponsel akan kehilangan stabilitasnya, ponsel akan rusak secara firmware. Jadi bila anda sudah merasa cukup puas dengan kemampuan dan fasilitas yang ada diponsel sebaiknyakita tidak perlu melakukan root.


Sekian dulu info dari saya :D

Link terkait :

Cara root android mudah
List aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses ROOT

3 comments:

richesmerch said...

owh, gtu toh fungsi root. Makasih infonya :)

Fatur Thok said...

Jadi intinya, Kalau kita mau aman ya jangan diroot, tapi kalau kita mau berkreasi maka silakan diroot. Gitu ya..?

afanpunya said...

kl android mengalami Brick, solusinya gimana?

Post a Comment

Jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes